Disketapang Bungo Jamin Persediaan Beras Aman Jelang Idul Adha

Screenshot

SONNYTV.NET, Bungo – Dinas Ketahanan Pangan (Disketapang) Kabupaten Bungo, menjamin persediaan beras dan komuditi lainnya di pasaran relatif aman menjelang Hari Raya Idul Adha 2024.

Syofyan Ma’as Kepala Dinas Ketahanan Pangan Rabu (12/6),mengatakan berdasarkan hasil pemantauan di sejumlah pasar tradisional di daerah itu persediaan beras masih kategori aman menjelang Idul Adha 1445 Hijrah.

Bahkan, laporan yang diterima oleh Disketapang ketersediaan sebanyak di angka 6 Ribu ton lebih yang ada di Bulog.

“Kami sudah melaksanakan rapat TAPD belum lama ini dan peninjauan dilapangan alhasil ketersediaan stok beras kita di Bulog di angka 6 ribu 63 ton dan itu kita jamin aman jelang hari raya Idul Adha 1445 Hijrah,”ujarSyofyan Ma’as.

Tidak hanya beras, ketersediaan pangan lainnya di sebut Syofyan Ma’as juga relatif aman, seperti cabe, telur dan daging. Cabe dikatakannya masih di harga antara 45 ribu hingga 65 ribu per/kg nya.

”Untuk menekan harga cabe nanti kita akan adakan operasi pasar itu ada 3 titik operasi pasar, Pasar Atas, Dinas Ketapang dan Dinas Peternakan. Sementara stok telur kita lumayan lebih dari cukup,”jelasnya.

Oleh karena itu, pihaknya menjamin persediaan beras untuk kebutuhan konsumsi pangan masyarakat menjelang Idul Adha 2024 melimpah dan surplus.

“Kami mengapresiasi persediaan beras, Telur dan kebutuhan pangan lainnya di daerah ini relatif aman,”sebut Syofian Ma’as.

Terakhir, Syofyan Ma’as menghimbau kepada para pedagang agar tidak bermain dengan ketersediaan pangan hingga menyulitkan masyarakat dalam membeli kebutuhan jelang Idul Adha.

“Himbauan kita ke pedagang, jangan ada yang menyetok barang dan bermain dengan harga, karena saat ini harga kebutuhan pokok cukup stabil dan upaya kita tentu di Operasi Pasar nanti untuk pengendalian harga yang ada,”tutupnya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *