Pemkab Bungo Raih WTP Ke 4 Kali, Bupati Bungo : Kita Patut Bersyukur

SONNYTV.NET, Bungo – Pemerintah Kabupaten Bungo kembali meraih opini Wajar Tanpa pengecualian (WTP) terhadap laporan hasil pemeriksaan (LHP) badan pemeriksa keuangan (BPK) RI Perwakilan Provinsi Jambi tahun tahun anggaran 2022.

Dengan ini Pemkab Bungo sudah empat kali mendapat opini WTP yaitu atas LKPD tahun anggaran 2018,2019,2021 dan 2022.

Bacaan Lainnya

Penyerahan predikat WTP dilakukan oleh kepala BPK RI Perwakilan Provinsi Jambi Rio Tirta S.E., M.Acc., CSFA kepada Bupati Bungo H.Mashuri.S.P.M.E, di tandai dengan penandatanganan berita acara serah terima, di ruang Auditorium Kantor BPK RI Perwakilan Provinsi Jambi, Jum’at (05/05/2023).

Usai menerima opini WTP, Bupati Bungo H.Mashuri.S.P.M.E mengatakan, dirinya bersyukur atas pencapaian WTP yang telah diterima. Menurutnya, apa yang dicapai merupakan idaman seluruh kabupaten/kota se-Indonesia. “Kita mesti bersyukur atas predikat opini WTP 4 kali (LKPD 2018, 2019, 2021 dan 2022, red). Ini merupakan Idaman seluruh kabupaten/kota seluruh Indonesia,” jelasnya.

Mashuri juga mengapresiasi atas pemeriksaan keuangan oleh tim BPK RI Perwakilan Provinsi Jambi yang tidak hanya sekedar memeriksa, namun dia memaknainya sebagai sesuatu yang luar biasa. Di mana terdapat pembinaan dan arahan yang menjadikan kualitas keuangan daerah terus menjadi lebih baik.

Opini merupakan pernyataan profesional pemeriksa mengenai kewajaran informasi keuangan yang disajikan dalam laporan keuangan yang didasarkan pada kriteria. Yakni kesesuaian dengan standar akuntansi pemerintah, kecukupan pengungkapan, kepatuhan terhadap peraturan perundang-undangan dan efektivitas sistem pengendalian intern.

Terima kasih BPK RI atas semua saran dan rekomendasi yang telah diberikan kepada kami. Semua hasil pemeriksaan dan rekomendasi menjadi perhatian dan komitmen untuk ditindaklanjuti secepatnya, sebagai salah satu bentuk kesungguhan dalam mewujudkan masyarakat Kabupaten Bungo maju dan sejahtera,” ucapnya.

Hasil WTP yang telah diterima Pemkab Bungo sebanyak empat kali, dirinya berharap hal itu bisa menjadi penyemangat dan motivasi bagi seluruh jajaran di lingkungan Pemkab Bungo untuk terus melakukan pembenahan terutama dalam pengelolaan keuangan daerah lebih baik lagi. “Saya juga ucapkan apresiasi setinggi-tingginya kepada seluruh tim atas kinerja yang telah dilakukan sehingga mencapai hasil yang diinginkan,” sebutnya.

Dirinya berharap, pencapaian ini memotivasi seluruh jajaran di lingkungan Pemkab Bungo untuk terus melakukan pembenahan. Khususnya pada tata kelola keuangan, sehingga kedepan pencapain hasil WTP dapat tetap dipertahankan.

Hadir dalam penerima penghargaan tersebut Ketua DPRD Kabupaten Bungoz Sekda Bungo, Staf Ahli Bupati, Asisten, dan Kepala BPKAD Kabupaten Bungo.

Reporter : STV/Adv

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *