SONNYTV.NET, Bungo – Penindakan Penambangan Emas Tampa Izin (Peti) belum lama ini sudah dilakukan oleh penegak hukum di Kabupaten Bungo, lokasi yang berhasil di sisir oleh petugas yakni beberapa Dusun di Wilayah Kecamatan Bathin II Babeko.

Alhasil beberapa barang bukti seperti alat untuk PETI sudah di amankan di Mapolres Bungo, hanya saja para pekerja nya tidak di tindak tegas oleh petugas cuman dilakukan pembinaan.


Menanggapi penindakan ini para pekerja PETI tentu tidak sedikit kehilangan mata pencarian mereka. Alat untuk menambang pun satu persatu telah di sita.

Bupati Bungo H Mashuri dalam kasus ini tidak tinggal diam, katanya para pekerja PETI ini akan di carikan solusinya agar bisa berktifitas kembali, namun bukan menambang lagi melainkan miliki penghasilan lainnya.

“Kita akan cari solusinya untuk para pekerja PETI ini yang alatnya sudah di tindak tegas oleh petugas, solusi yang akan kita berikan tentu pertama mengajak masyarakat untuk kembali melestarikan bumi ini dengan cara Bertani, dan bisa juga kita alihkan ke berternak,”ujar Bupati.

Keseriusan dalam menangani para pekerja PETI ini sudah dilakukan Bupati, dengan menugaskan Camat dan Datuk Rio setempat agar mendata para pekerja PETI yang tadinya tidak lagi beraktifitas kembali.

“Sudah kita tugaskan Camat dan Datuk Rio nya, kita minta data kan pekerja PETI itu, kita sudah terima data itu lebih kurang 1000 pekerja PETI untuk kita carikan solusinya agar mereka tidak lagi menambang,”jelas Bupati.

Bupati berharap dengan cara seperti ini setidaknya mengurangi kerusakan alam yang selama ini dilakukan oleh pekerja PETI dengan menambang emas.

“Yang jelas dengan cara ini, lingkungan kita bisa terjaga lagi, habitat yang di aliran sungai tidak lagi menjadi dampaknya dan yang terpenting ini kita pikirkan untuk anak cucu kita nanti agar sungai terus bisa terjaga,”Harap Bupati.

Reporter : STV

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here