SONNYTV.NET, Bungo – Kapolres Bungo AKBP Wahyu Bram melalui Satreskrim Polres Bungo merilis atas penyelidikan terhadap informasi aktivitas Penambangan Emas Tanpa Izin (PETI) di Kecamatan Bathin III Ulu dan sempat beredar di pemberitaan media masa beberapa waktu lalu.

Hasil penyelidikan oleh Polres Bungo menemukan tidak adanya PETI yang beroperasi sesuai dengan informasi beberapa waktu lalu, adanya keberadaan 1 (satu) unit exskavator merk Hitachi Tipe Zx 138 MF-5 Warna Orange dengan Produck IdentificationNumber :HCMDAGF0L00130872, hal tersebut berdasarkan keterangan saksi-saksi dan bukti surat pendukung dan disertai fakta hasil penyelidikan oleh penyelidik.

“Kami informasikan kepada Masyarakat bahwa informasi yang beredar di media masa beberapa waktu lalu terkait keberadaan 1 (satu) unit exskavator merk Hitachi Tipe Zx 138 MF-5 Warna Orange dengan Produck Identification Number :HCMDAGF0L00130872 diduga untuk aktivitas PETI itu tidak benar,”ujar M Nur Humas Polres Bungo.

M. Nur juga menjelaskan bahwa keberadaan alat berat tersebut bekerja melakukan pembukaan jalan di Trans Sp 2 Dsn Sungai Telang Kecamatan Bathin III Ulu Kabupaten Bungo pada koordinat -1.69194, 101.76223, untuk keperluan usaha produksi kayu.

“Kami infokan lagi bahwa alat berat itu juga melakukan usaha produksi kayu di hutan hak atas nama Muslim sebagaimana dokumen perizinan yang di tunjukkan kepada penyelidi,”jelasnya.

Untuk informasi tambahan, M Nur merilis keberadaan alat berat lainnya yang ditemukan oleh anggota Polres Bungo, di antaranya :

1(satu) unit exskavator merk sany sy75c warna kuning milik NUR CHOLIS ( warga Desa Rejo Sari Pamenang) saat ini untuk keperluan membuka lahan/ steking terasan rencana perkebunan durian di lokasi lahan kebun milik IDHAM KHALID yang terletak di Kampung Marigeh Dsn Sungai Telang Kec. Bathin III Ulu kab. Bungo, dengan nilai sewa Rp. 550.000,-/ jam antara saksi SLAMET MUSYAFA dengan pemilik alat berat Bp NUR CHOLIS tidak ada di buat surat perjanjian kerja, kesepakatan tersebut secara lisan & saling percaya. ,

1(satu) unit exskavator merk sany sy75c warna kuning milik Bp SUROSO ( Warga Kuamang Kuning) saat ini untuk keperluan merehap pekarangan rumah & membuat tapak rumah di lahan milik sdr RIKO yang terletak di Dsn Aur Cino Kec. Bathin III Ulu Kab. Bungo, dengan nilai sewa Rp. 550.000/ jam, antara saksi SLAMET MUSYAFA dengan pemilik alat berat Bp SUROSO tidak ada di buat surat perjanjian kerja, kesepakatan tersebut secara lisan & saling percaya.

“Selanjutnya penyelidik akan tetap berkelanjutan melakukan pemantauan aktivitas alat berat tersebut sesuai dengan tujuan pekerjaan,”tutup M Nur.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here