SONNYTV.NET, Bungo – Lonjakan kasus positif Covid-19 berdampak terhadap status zona risiko penularan corona di Kabupaten Bungo, Jambi. Sebelumnya, Kabupaten Bungo menyandang status zona orange atau risiko sedang penularan Covid-19.

Juru bicara Satgas Kuratif Covid-19 Kabupaten Bungo dr Safarudin Matondang mengatakan zonasi di Bungo, masuk kategori risiko sedang alias zona oranye namun begitu cepatnya kenaikan status zonasi langsung terjadi sebagian kecamatan di Bungo zona merah.


“Sebelumnya Bungo ini memang zona orange, namun untuk status saat ini sudah ada yang keluar jadi zona merah,”ujarnya, Jumat (06/08).

Zona merah yang dimaksud Safarudin adalah Kecamatan Rimbo Tengah, Kecamatan Pasar Muara Bungo, Kecamatan Bungo Dani, Kecamatan Bathin III, Kecamayan Pelepat, Kecamatan Pelepat Ilir.

“Dari data yang kita himpun ada 6 Kecamatan dari 17 Kecamatan di Kabupaten Bungo bersyarat zona merah,”jelasnya.

Dari sumber data yang di dapat dilihat secara terbuka, dari keseluruhan terkonfirmasi 2349 orang, sembuh 1546 orang, terkonfirmasi postif 660 orang dan meninggal dunia sebanyak 143 orang.

Menurut Safarudin, kewenangan zonasi ada di pemerintah pusat. Ada sejumlah indikator yang menentukan zonasi sebuah daerah.

Di antaranya penambahan kasus Covid-19, angka kesembuhan, angka kematian, hingga tingkat bed occupancy rate (BOR).

Dengan kondisi itu, Safarudin meminta masyarakat Bungo tetap mematuhi protokol kesehatan, seperti memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan.

“Tetap hindari kerumunan kurangi mobilitas dan tetap waspada,” papar dia.

Reporter : STV

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here