SONNYTV.NET, Jambi – Pelaksanaan pemungutan suara ulang (PSU) Pilgub Jambi di 5 Kabupaten dalam Provinsi Jambi, dinilai berjalan lancar dan damai. Banyak pihak menilai ini tak lepas dari peranan TNI dan Polri yang berhasil membuat kondisi kondusif.

Pengamat Hukum Jambi, Wajdi Saudi, menilai bahwa lancarnya PSU merupakan bukti prestasi Kapolda Jambi Irjen Pol A Rachmad dan Danrem Jambi Brigjen Zulkifli serta jajarannya.

“Ini patut kita apresiasi atas berjalan lancar dan kondusifnya pelaksaan PSU Pilgub Jambi. Apalagi dalam PSU yang bisa dianggap berpotensi terjadinya kekacauan dan konflik besar, namun berhasil berjalan aman lancar. Ini tak lepas dari peran TNI/Polri,” kata Wajdi kepada wartawan, Kamis (27/5/2021).

Wajdi menjelaskan, pelaksaan PSU Pilgub Jambi ini berjalan lancar juga berkat kajian bersama mulai dari pihak terkait baik KPU, Bawaslu dan unsur terkait yang telah mengawal PSU Pilgub Jambi ini.

“Secara keseluruhan pelaksanaan PSU yang berjalan aman dan lancar tanpa kekacauan tersebut menunjukkan bahwa asas demokrasi sudah berjalan dengan sangat baik,” ujarnya Wajdi kepada Perisainews.id.

Di pelaksanaan PSU Pilgub Jambi ini, tentu Polda Jambi tidak tanggung-tanggung dalam menerjunkan personel mereka dalam menjaga situasi keamanan. Ada 1.360 personel yang diterjunkan dalam menjaga situasi PSU berjalan lancar.

Bahkan demi terciptanya PSU Pilgub Jambi yang kondusif, setiap TPS dijaga ketat oleh 8 personel polisi serta TNI. Tidak hanya itu, situasi aman dan kondusif di PSU Pilgub Jambi tak lepas dari peran Kapolda Jambi Irjen A Rachmad Wibowo.

Bahkan, sang Jenderal bintang dua itu juga ikut langsung turun untuk mengecek langsung proses pemungutan suara ulang yang dilaksanakan di sejumlah TPS di yang menyelenggarakan PSU Pilgub Jambi.

Bersama PJ Gubernur Jambi, Hari Nur Cahya Murni, dan Danrem 042 Gapu Brigjen TNI M Zulkifli ia mengecek langsung proses Pemungutan Suara Ulang yang ada TPS 17

“Sejauh ini Pelaksanaan Pemungutan Suara Ulang di Provinsi Jambi berlangsung aman, lancar dan terkendali,” kata Kabid Humas Polda Jambi,” kata Kabid Humas Polda Jambi, Kombes Mulia Prianto.

“Selain memastikan situasi Kamtibmas, Bapak Kapolda Jambi juga memantau langsung Penerapan protokol kesehatan serta proses jalannya pemungutan suara ulang yang berlangsung di sejumlah TPS,” ujar Mulia.

Alumnus Akpol 1997, menyebutkan, Kapolda Jambi mengucapkan terima kasih kepada pihak TNI, Pemda, Linmas, serta instansi terkait yang telah mendukung pelaksanaan PSU ini berjalan aman dan lancar sampai saat ini, dan juga kepada masyarakat atas partisipasinya mengikuti Pemungutan Suara Ulang, menjaga kamtibmas dan menerapkan protokol kesehatan.

“Kapolda berharap usai pelaksanaan PSU ini, pada tahap berikutnya hingga selesai dapat bersama-sama menjaga agar situasi tetap aman, damai dan kondusif serta tetap menerapkan protokol kesehatan,” ujar Kombes Mulia. (*)

 

Reporter: LidiaAdeIrma


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here