SONNYTV.NET, Jambi – Putusan terhadap sengketa Perselisihan Hasil Pemilihan (PHP) Pilgub Jambi 9 Desember lalu, atas gugatan yang dilayangkan pasangan Cek Endra-Ratu Munawaroh ke Mahkamah Konstitusi (MK), akan dibacakan hari ini (22/3).

Sejumlah para simpatisan dan pendukung Haris-Sani masing-masing sudah bersiap-siap menantikan hasil tersebut, termasuk yang saat ini berada di dalam Hotel Aston Jambi. Pantauan dilapangan sejumlah Partai Pendukung dan Ketua Pemenangan mulai dari Peovinsi Jambi sampai ke Daerah Kabupaten hadir disana.


Zainal Arifin Ketua Tim Pemenangan Haris-Sani Kabupaten Bungo juga menduduki kursi yang disiapkan oleh panitia untuk menunggu hasil putusan resmi dari MK. Menurutnya hasil ini akan diumumkan pada pukul 19:00 Wib.

“Iya, alhamdulillah kami saat ini sudah berada di hotel Aston Jambi, disini Pak Sini dan kami bersama-sama menanti putusan MK atas kemenangan sah untuk Haris-Sani menjadi Gubernur Jambi,”ujar Zainal.

Lanjutnya, ia meminta doa kepada seluruh Tim pemenangan dan simpatisan Haris-Sani Kabupaten Bungo pada saat detik-detik putusan MK agar menunjukkan Haris-Sani menjadi pemenangan Pilkada yang sah.

“Kita mohon doa dari Tim Pemenangan dan Simpatisan Haris-Sani agar semuanya berlangsung sesuai di inginkan kita semua,”katanya.

Sementara itu berdasarkan rilis dari situs resmi Mahkamah Konstitusi RI, perkara tersebut bernomor 130/PHP.GUB-XIX/2021 akan diputuskan pada 22 Maret 2021 pukul 13.30 WIB.

Babak akhir sengketa Pilgub Jambi ini tentu sangat dinantikan masyarakat. Jika gugatan CE-Ratu itu dikabulkan oleh majelis hakim, maka KPU Provinsi Jambi selaku Tergugat dipastikan akan melaksanakan Pemilihan Suara Ulang (PSU).

Namun, jika gugatan tersebut ditolak MK, maka KPU Provinsi Jambi dalam hal ini akan melanjutkan ketahapan selanjutnya yakni penetapan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Jambi terpilih dalam jangka waktu 3 hari setelah putusan itu dibacakan.

Reporter : STV

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here