SONNYTV.NET, Bungo – Kapolres Bungo AKBP Mokhammad Lutfi SIK menjadi Inspektur Upacara (Irup) pada apel bersama dengan Pemerintah Kabupaten Bungo terkait Kesiapan Pengamanan dan Larangan mudik Hari Raya Idul Fitri 1442 H dimasa Pandemi Covid19 tahun 2021 yang bertempat di Lapangan Upacara Kantor Bupati Bungo, Senin (26/4/2021) Pagi.

Tampak hadir dalam apel ini Bupati Bungo, Wakil Bupati Bungo, Ketua DPRD kabupaten Bungo, Dandim 0416 Bute, Sekda Bungo, Kejari mewakili, Pengadilan Negeri Mewakili, Satgas Covid-19, kepala OPD, Serta tamu undangan yang ikut hadir dalam apel tersebut.

Seperti yang di sampaikan oleh Kapolres Bungo AKBP M Lutfi membacakan arahan dari Bupati Bungo tentang terkait pengamanan dan Larangan mudik Hari Raya Idul Fitri 1442 H dimasa pandemi Covid19 tahun 2021.

Kegiatan apel bersama ini adalah persiapan untuk pengamanan dan larangan mudik hari raya idul Fitri tahun 2021. Ini merupakan langkah strategis untuk mewujudkan sinergitas antar stakeholder terkait dalam pencegahan dan pengendalian penyebaran covid-19.

“Apel ini di selenggarakan dengan tujuan pencegahan dan pengendalian penyebaran covid-19 pada saat libur hari raya secara terencana terpadu terkoordinasi dan terintegrasi, untuk memberikan perlindungan kepada masyarakat dari ancaman risiko dan dampak penyebaran covid-19 di kabupaten Bungo,”Jelas Kapolres Bungo.

Mengantisipasi terjadinya lonjakan kasus covid 19 seperti yang terjadi pada beberapa kali masa libur panjang tahun 2020 termasuk saat libur Natal dan tahun baru 2021.

Hal ini juga sesuai dengan apa yang diperintahkan oleh Presiden Joko Widodo secara khusus menyampaikan keterangan tentang larangan mudik hari raya idul Fitri 2021. berdasarkan pengalaman tahun lalu terjadi tren kenaikan kasus covid 19 setelah 4 hari libur panjang. yaitu, saat libur idul fitri tahun 2020 terjadi kenaikan kasus harian Covid-19 hingga 93% dan tingkat kematian mingguan hingga 66%.

“Pada saat libur panjang pada tanggal 20 sampai 23 Agustus terjadi kenaikan kasus covid 19. tingkat kematian mingguan meningkat. saat libur panjang pada 28 Oktober hingga 1 November terjadi kenaikan kasus covid 95% dan kenaikan tingkat kematian mingguan mencapai 75% yang terakhir terjadi kenaikan kasus covid-19 pada saat libur Natal tahun 2020 dan tahun baru 2021 dengan jumlah kasus harian mencapai 78% dan kenaikan tingkat kematian mingguan hingga 46% berdasarkan pemetaan zonasi covid-19,” ucap Kapolres.

Dan sampai hari ini kabupaten Bungo berada pada zona orange bersama 7 kabupaten kota dalam provinsi Jambi yang menunjukkan jumlah kasus covid-19 sudah relatif banyak dalam hal transmisi dan penularannya sejumlah kasus konfirmasi covid-19 di kabupaten Bungo sebanyak 535 orang dan sudah menyebar ke seluruh kecamatan yang paling banyak terdapat di kecamatan Rimbo tengah yaitu 156 orang diikuti kecamatan Bungo Dani sebanyak 100 orang berdasarkan sumber penularan yang paling banyak melalui kontak dengan yang positif covid 19 yaitu sebanyak 482 kasus untuk kasus sebanyak 453 kasus sebanyak 79,607 %,” terang Kapolres lagi.

Mengoptimalkan fungsi posko bersama larangan mudik hari raya Idul Fitri 2021 dengan mengedepankan tindakan persuasif, dengan tindakan memutar balik bagi pelaku perjalanan yang tidak dilengkapi dokumen sebagaimana ketentuan yang sudah ditetapkan.

Setelah itu seluruh pemerintah kabupaten Bungo menghimbau kepada seluruh masyarakat untuk tidak melakukan pergerakan atau kegiatan keluar daerah kecuali betul-betul dalam keadaan mendesak. Dan untuk melakukan keluar Kabupaten ada tes uji swab dan melakukan vaksinasi.

Reporter : LDA


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here