SONNYTV.NET, Bungo – DPRD Kabupaten Bungo menggelar Rapat Paripurna Pengumuman Hasil Penetapan Calon Bupati dan Wakil Bupati Terpilih Pada Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Bungo Tahun 2020 di Ruang Rapat Paripurna DPRD Kabupaten Bungo, Selasa (26/01/2021).

Turut hadir Forum Komunikasi Pimpinan Daerah, Sekretaris Daerah, para Asisten Sekda, para Camat, dan tamu undangan lainnya.

pada rapat yang terbuka untuk umum itu dipimpin langsung oleh Wakil Ketua II DPRD Bungo, Martunis, didampingi Wakil Ketua 1 DPRD Jumiwan Aguza serta dihadiri pula oleh Anggota DPRD Kabbupaten.

Rapat Paripurna tersebut dilaksanakan dengan agenda Rapat Penyampaian Pengumuman Hasil Penetapan Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupai terpilih pada Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Bungo Tahun 2020 oleh Wakil Ketua II DPRD Martunis, Pembacaan Rancangan Keputusan Dewan serta Penandatanganan Keputusan Dewan dan Berita Acara.

Diketahui, pada rapat tersebut dijelaskan bahwa Pemilihan Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah adalah mekanisme yang harus ditempuh untuk kesinambungan penyelenggaraan Pemerintah Daerah sebagaimana diamanatkan dalam Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah. Pemilihan Kepala Daerah hanya sebagaimana sarana guna mewujudkan pembangunan daerah secara integral dan berkelanjutan yang bertujuan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Berdasarkan Undang-Undang Nomor 8 Tahun 2015 pasal 160 ayat (3) yang menegaskan bahwa pengesahan, pengangkatan pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati serta pasangan Walikota dan Wakil Walikota terpilih dilakukan berdasarkan penetapan calon terpilih oleh KPU Kabupaten/Kota yang disampaikan oleh DPRD Kabupaten/Kota kepada Menteri melalui Gubernur. Sebagai Implikasi, DPRD Kabupaten/Kota mengumumkan dalam rapat Paripurna hasil penetapan calon Bupati dan Wakkil Bupati terpilih oleh KPU Kabupaten/Kota sebelum disampaikan kepada Menteri Dalam Negeri melalui Gubernur.

Lihat Juga : Usai di Tetapkan Oleh DPRD, Ini Ungkapan Wabup Terpilih Apri Kepada Paslon 01

Wakil Bupati Bungo Safrudin Dwi Aprianto setelah ditetapkan dalam Rapat Paripurna DPRD Bungo menyampaikan ucapan terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung kelancaran Pilkada Bungo yang aman dan damai.

“Tidak lupa kita ucapkan rasa syukur kepada Allah Swt, atas kelancaran semua tahapan Pilkada tahun 2020 ini, kami pasangan calon Mashuri dan Apri ucapkan terima kasih banyak kepada masyarakat Bungo yang telah mempercayai kami kembali untuk mengembankan amanah sebagai Bupati dan Wakil Bupati Bungo,”ungkap Apri.

Reporter : STV


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here