Bupati Bungo & Sekda Hadiri Acara Penas Ke XVI Di Sumatera Barat

SONNYTV.NET, Bungo – Bupati Bungo H.Mashuri.S.P.M.E  Hadiri Pekan Nasional Tani Nelayan (Penas) XVI Tahun 2023 di lapangan Lanud Sultan Syahril Padang Sumatera Barat, Sabtu (10/06/2023).

Penas XVI Tahun 2023 di Padang resmi dibuka oleh Menteri Pertanian Dr.H. Syahrul Yasin Limpo, diawali dengan tarian kolosal.

Kegiatan tersebut juga diisi dengan kegiatan para petani dan nelayan, seperti pameran pembangunan pertanian, Expo Aquaculture, Expo Agroforestri, Expo Peternakan, Temu Teknologi, Temu Agribisnis dan beberapa kegiatan lainnya.

Penas  ke XVI kali ini dihadiri sebanyak 53.000 peserta seluruh Indonesia, kemudian juga dihadiri kepala daerah serta pejabat lainnya dari masing-masing provinsi dan kabupaten/kota.

Di Acara Penas ke XVI Ini, Kabupaten Bungo mengirimkan sebanyak 147 orang yang terdiri dari anggota dan pendamping. Para peserta Penas tersebut nantinya akan mengikuti berbagai kegiatan selama enam hari  terhitung  hari ini 10 hingga 15 Juni 2023 mendatang.

Pada kesempatan itu, Limpo mengatakan, acara ini memang acara yang ditunggu, karena dirinya memang ingin bertemu dengan para petani dan nelayan di Indonesia. “Datang kesini memang saya tunggu-tunggu, ingin bertemu dengan para petani,” kata menteri dari NasDem ini.

Limpo menyampaikan, waktu masih kecil dirinya selalu diingatkan bahwa kalau tidak ada petani dan nelayan masyarakat harus makan apa setiap harinya. “Kalau tidak ada petani kita mau makan apa, kalau tidak ada nelayan kita mau makan ikan apa,” tuturnya.

Sementara itu, Bupati Bungo mengatakan, dirinya bersyukur bisa hadir pada pembukaan Penas di Padang ini.

“Alhamdulillah, saya bisa hadir, suasananya bagus dan sangat maju. Mudah-mudahan kehadiran kita bersama beberapa Kepala OPD di Bungo, serta anggota Kelompok Tani Nelayan dapat menyerap ide dan teknologi sehingga bisa diaplikasikan pada pertanian di Bungo,” ucap Mashuri.

Menurut Mashuri Pertanian ke depan harus menjadi primadona di Bungo dan tidak lagi berharap dengan bagi hasil migas saja.

Ditambahkan Bupati, Bungo harus berubah dari yang mengandalkan sektor migas ke pertanian dalam arti luas. “Kita akan fokus membesarkan  sektor tersebut sehingga pertanian menjadi andalan bagi Kabupaten Bungo,” Jelas Mashuri.

Turut Hadir bersama Bupati, Sekda Bungo, Kepala Dinas (Kadis) Tanaman Pangan, Holtikultura dan Perkebunan, Kadis Perikanan,dan Kadis Ketahanan Pangan.

Reporter : STV/Adv

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *