Bupati Bungo Secara Simbolis Bagikan Sertifikat PTSL Di Kecamatan Pelepat

SONNYTV.NET, Bungo – Bupati Bungo hadiri sosialisasi Pendaftaran tanah sistematis Lengkap (PTSL) oleh badan pertanahan nasional (BPN) Kabupaten Bungo.

Kegiatan sosialisasi PTSL tersebut berlangsung di Kantor Rio Dusun Dwi Karya Bakti, Kecamatan Pelepat, Kabupaten Bungo. Jum’at pagi (24/10/2023).

Hadir dalam kegiatan sosialisasi PTSL Asisten 1 Setda Bungo, Kepala OPD, Camat Pelepat, Babinsa, Bhabinkamtibmas, Para Datuk Rio, Para Ketua dan anggota BPD serta masyarakat yang menerima sertifikat PTSL.

Dalam kesempatan Itu Camat Pelepat Nasrun,S.E,M.M mengatakan, ” Sebelumnya saya ucapkan terimakasih kepada Bapak Bupati beserta rombongan yang telah Sudi menghadiri sosialisasi PTSL oleh badan pertanahan Nasional Kabupaten Bungo tahun 2023,”Ujarnya.

Disini nanti akan dilakukan Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) untuk penertiban administrasi pertanahan, pemetaan dan memfasilitasi masyarakat untuk mendapatkan sertifikat hak milik atas tanah secara gratis dari pemerintah, tetapi tetap membutuhkan biaya pendampingan sebesar Rp.200.000 sesuai dengan Peraturan Bupati (Perbup)

“Kita nanti bersama Perwakilan Kantor badan pertanahan nasional (BPN) akan melakukan pendaftaran Tanah sistematis Lengkap (PTSL) untuk penertiban administrasi pertanahan dan pemetaan dan memfasilitasi masyarakat agar mendapatkan sertifikat hak milik secara gratis dari pemerintah.,”Katanya.

Di jelaskan nya, Untuk masyarakat, menjadi kesempatan istimewa untuk mendapatkan sertifikat hak milik dengan beban biaya yang sangat ringan dibandingkan apabila mengurus sertifikat secara mandiri. Perbandingan biaya bisa mencapai 1 : 10.

Perihal biaya pendampingan, dimohon masyarakat dapat mendukung rencana pembiayaan yang sudah disusun tim pendamping, yang sebelumnya telah dimusyawarahkan seluruh Datuk Rio dan sekdus di desa masing-masing, Biaya pendampingan dimaksud adalah untuk pemberkasan, foto kopi, materai, patok, penelusuran riwayat.

“Saya kira ini menjadi kesempatan istimewa bagi masyarakat Kecamatan Pelepat l bisa mendapatkan sertifikat hak milik dibandingkan dengan mengurus sertifikat secara mandiri,”Jelasnya.

Di katakan nya juga semoga program PTSL ini berjalan dengan lancar tertib dan sukses.

“Kami berharap dengan adanya PTSL ini, masyarakat bisa tertib mengurus nya dan lancar tanpa hambatan apapun,”Tutupnya.

Sementara itu di tempat yang sama Bupati Bungo H.Mashuri.S.P.M.E dalam sambutannya mengatakan, atas nama Pemerintah Kabupaten Bungo mengucapkan terimakasih kepada pemerintah pusat,.dalam hal ini menteri Agraria dan tata ruang atau Kepala Badan Pertanahan Nasional (BPN) RI

“Kami mengucapkan terimakasih banyak kepada pemerintah pusat dalam hal ini menteri Agraria dan tata ruang yang telah melaksanakan sosialisasi PTSL di Kecamatan Pelepat Ilir ini,”Katanya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *